EXPLORE KNOWLEDGE/JELAJAH ILMU
Jelajah ilmu adalah kegiatan di luar ruangan adalah metode di mana guru mengajak siswa belajar di luar kelas untuk melihat peristiwa langsung di lapangan dengan tujuan untuk mengakrabkan siswa dengan lingkungan. Jelajah Ilmu memanfaat kan lingkungan sekitar sebagai sumber pembelajaran siswa. Hasil belajar siswa dapat dilihat dari tiga ranah yaitu kognitif, afektif, dan psikomotorik. Ketiga ranah ini diharapkan dapat muncul ketika dalam proses kegiatan sedang berlangsung. Tujuan diadakannya kegiatan jelajah ilmu adalah membentuk suatu pembelajaran yang menyenangkan, variatif, rekreatif, lebih konkret, dan siswa dapat menerima pembelajaran dengan otak yang lebih rileks.
Budaya sekolah “SUKSES” menjadi awal dicetuskan kegiatan ini. Pengaplikasian konsep dasar materi yang diberikan dikelas dengan dibarengi observasi terhadap lingkungan sekitar pada saat kegiatan berlangsung menjadi salah satu parameter penilaian terhadap siswa.
Budaya Sekolah “Beriman Kuat” memberikan pengertian dengan bagaimana siswa tetap dapat melaksanakan kegiatan di pesantren seperti biasa meskipun berada di tempat yang baru. Bagaimana siswa mengatur waktu dan mengorganisir diri sendiri untuk melaksanakan setiap kegiatan ibadah baik yang wajib maupun kegiatan sunah yang biasa dilakukan di pesantren.
Budaya Sekolah “Berakhlak Baik” memberikan pengertian bagaimana siswa dapat berperilaku santun dan ramah sesuai dengan adab, adat, dan istiadat yang berlaku di lingkungan yang baru. Indonesia merupakan negara yang beragam maka, budaya dari satu daerah ke daerah yang lain tentu berbeda.
Pelaksanaan kegiatan Jelajah Ilmu dilakukan sebagai berikut :
- Kegiatan dilakukan 1 kali setiap satu tahun ajaran.
- Kegiatan dilaksanakan pada tempat yang menyediakan wisata alam dan juga wisata Edukasi.
- Kegiatan di awali dengan pembagian kelompok secara oleh siswa yang terdiri dari 5 – 6 orang per kelompok.
- Kemudian setiap kelompok diberikan tugas untuk membuat proposal kegiatan yang setiap proposal harus membuat budaya sekolah yakni Sukses, Beriman Kuat, dan berakhlak Baik.
- Proposal Kegiatan akan menjadi pedoman kegiatan yang dilakukan selama Jelajah Ilmu berlangsung. Dalam kondisi ini maka, kegiatan yang dilakukan oleh setiap kelompok akan berbeda – beda.
- Hasil akhir kegiatan adalah siswa mengumpulkan video sesuai dengan proposal yang telah dibuat.
- Selama kegiatan berlangsung penilaian akan dilakukan oleh ustadzah pendamping masing – masing.
- Penilaian kegiatan akan dimasukkan dalam bentuk nilai pada penilaian ekstrakulikuler.
0 comments:
Posting Komentar